Tambah Lagi, Pemerintah Bakal Bangun PLBN Sota di Papua Tahun Depan

JawaPos.com – Selain percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga memiliki tugas utama lainnya dalam melaksanakan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota yang berada di Kabupaten Merauke, di Provinsi Papua. PLBN Sota menjadi PLBN kedua yang di Papua yang dilakukan perbaikan setelah sebelumnya PLBN Skouw di Jayapura.

PLBN Sota merupakan tambahan pos lintas yang berbatasan antara Indonesia dengan negara Papua Nugini, selain itu juga ada PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel yang akan dibangun oleh Pemerintah Indonesia.

PLBN Sota merupakan akses utama masing-masing penduduk antar negara. Pada umumnya dilintasi sebanyak 70 orang perminggu yang dilengkapi fasilitas 13 kios untuk berjualan.

Pembangunan PLBN Sota akan terdiri dari zona inti terdiri dari bangunan gedung PLBN, monumen Garuda, bangunan gerbang dan check point, didukung jalan akses menuju PLBN yang mulus serta tersedianya lahan parkir.

Untuk zona pendukung lainnya akan dilengkapi fasilitas tempat beristirahat (Rest Area) dan renovasi pasar Sota. Pelaksanaan pembangunan akan dimulai awal 2019 dan ditargetkan selesai pada akhir 2019 dengan perkiraan biaya pembangunan sebesar Rp113,5 miliar.

“Pembangunan kawasan perbatasan bukan hanya untuk gagah-gagahan tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan dengan menciptakan embrio pusat pertumbuhan baru,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Minggu (18/11).

Adapun, pemerintah melalui Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan jalan perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Kondisi jalan saat ini sudah tembus 909 km dari total 1.098 km jalan perbatasan mulai dari Merauke hingga Jayapura, Papua.

Pada akhir tahun 2019 ditargetkan jalan perbatasan di Papua sudah tembus akan bertambah menjadi 919 km dan 179 km belum tembus. Kondisi jalan ditargetkan berupa aspal sepanjang 747 km dan perkerasan tanah/agregat sepanjang 172 km.

(uji/JPC)