Simak! 95 Persen Kawasan Jakarta Utara Ada di Bawah Permukaan Laut

JawaPos.com – Sejumlah media sing mengatakan bahwa Ibukota Jakarta merupakan kota yang paling cepat tenggelam di dunia. Mengutip laman rumah123.com, 95 persen kawasan Jakarta Utara akan berada di bawah permukaan laut pada 2050.

Peneliti asal Intitut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas seperti yang dilansir dari BBC mengatakan, lokasi Jakarta memang berada di tanah rawa. Jakarta juga dilintasi oleh 13 sungai yang bermuara di Laut Jawa.

Seperti diketahui SBOBET, banjir sudah menjadi langganan di Jakarta, bahkan sejak penjajahan Belanda. Dalam dua dekade terakhir, Jakarta pernah dilanda banjir besar.

Menurutnya, ancaman Jakarta bakal berada di bawah permukaan laut alias tenggelam memang bukan isapan jempol. Kawasan Jakarta Utara sudah mengalami penurunan tanah hingga 2,5 meter dalam 10 tahun. Bayangkan kalau penurunan tanah di beberapa kawasan Jakarta Utara mencapai 25 cm per tahun.

“Jadi jangan heran kalau air laut untuk merembes masuk ke daratan. Penurunan tanah sebenarnya juga terjadi di banyak tempat. Penurunannya bervariasi antara 1 cm hingga 15 cm per tahun. Potensi Jakarta bakal berada di bawah permukaan laut bukan bahan tertawaan lagi,” ujarnya seperti dikutip, Minggu (4/11).

ITB sudah meneliti penurunan tanah Jakarta selama 20 tahun. “Jika  melihat model penelitian kami, maka pada 2050 sekitar 95 persen kawasan Jakarta Utara bakal berada di bawah permukaan laut,” tandasnya.