Tiru Gaya Hidup Masyarakat Jepang, Milenial Tinggal di Apartemen

JawaPos.com – Milenial saat ini lebih suka dengan gaya hidup serba cepat dan modern. Hal itu ditunjukkan dengan gaya hidup mereka yang memilih tinggal di rumah vertikal atau apartemen. Alasanya supaya mereka lebih cepat menjangkau perkotaan, pusat belanja, bisa berkumpul dengan teman-teman, serta komunitas.

Ketika tinggal di apartemen, mereka lebih memilih tipe studio atau mini studio. Selain ukurannya tidak terlalu besar, tipe ini sangat sesuai dengan kebiasaan mahasiswa yang suka berbagi teman sekamar (sharing) untuk menghuni apartemen bersama.

Tinggal di permukiman vertikal ini semakin dimudahkannya sewa atau Kredit Pemilikan Apartemen. Kemudahan ini pun membuat apartemen yang berada di dekat stasiun laris manis. Gaya hidup seperti ini disebut sebagai warga komuter.

Tiru Gaya Hidup Masyarakat Jepang, Milenial Tinggal di ApartemenTOL adalah salah satu konsep tempat tinggal yang terpadu dengan moda transportasi masal. (Agus Wahyudi/Jawa Pos)

“Generasi milenial suka hidup yang nyaman. Mereka sekarang bukan hanya lihat investasi tapi juga akan menggunakan hunian yang mereka tempati untuk memanjakan gaya hidup,” kata Komisaris PT Hutama Anugrah Propertindo Pingki Elka Pangestu, baru-baru ini.

Menurut Pingki, gaya hidup milenial di apartemen bisa memenuhi banyak kebutuhan entertainment (hiburan). Dengan dilengkapi kebutuhan One Stop Shopping di sekitar apartemen, membuat anak muda lebih mudah menjalani kehidupannya. “Rumah adalah salah satu kelengkapan dari gaya hidup anak muda,” ungkapnya.

Gaya hidup seperti hampir sama dengan di Jepang. Di sana, semua aktivitas dilakukan dengan moda transportasi kereta, sehingga semuanya bisa dijangkau dengan lebih cepat.

Di Indonesia, salah satu apartemen yang dekat dengan stasiun atau menggunakan konsep Transport Oriented Living (TOL), yakninya Serpong Garden Apartment. TOL yakni suatu evolusi dari seluruh desain yang mengacu pada peningkatan kualitas hidup yang saling terintegrasi, sehingga diharapkan menciptakan harmoni yang lebih baik. Indonesia kondisi itu baru terdapat di kawasan Cisauk.

“Cisauk nantinya akan menjadi intermoda terpadu, setelah Serpong Garden Apartment selesai dibangun,” tegas Pingki.

(ika/JPC)